Jagat media sosial baru-baru ini dihebohkan dengan kisah dua kakak-beradik SD yang menjadi korban bullying dari teman-temannya karena pekerjaan mereka sebagai pemulung.

Sebuah video singkat menampilkan mereka menangis viral di media sosial, menyentuh hati banyak orang. Lastri dan Lendri, dua bersaudara tersebut, terpaksa bekerja mengais rosokan untuk membantu ibu mereka bertahan hidup dan tetap bisa bersekolah.

Kisah pilu kedua saudara ini diunggah oleh akun X @ythftr_.

“Tangisan Lastri terdengar sangat menyakitkan. Lagi-lagi ia dibully temannya karena tukang mencari barang rongsok. Kehidupannya serba kekurangan. Ia bisa saja putus sekolah karena masalah ekonomi. Di sisi lain, ayahnya saat ini mengalami sakit parah,” tulis akun tersebut dikutip NawaBineka, Senin (11/3/2024).

Akun tersebut juga menyampaikan bahwa ibu mereka, Rustini, hanya dapat mengumpulkan rongsokan untuk mencari uang belasan ribu rupiah setiap harinya.

Ketika pulang sekolah, kedua saudara ini segera membantu ibunya mencari barang rongsok.

“Saat ini, mereka terancam diusir dari kontrakan karena sudah menunggak dua bulan tak membayar,” lanjutnya.

Kisah kedua saudara ini menyentuh banyak hati dan menjadi perhatian publik, terutama setelah mendapat perhatian dan bantuan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @om.indonesia.id pada Minggu (10/3/2024), Prabowo terlihat membangun rumah layak huni beserta pekarangan untuk ternak bebek dan itik bagi mereka.

Prabowo memberikan kata-kata semangat kepada kedua saudara tersebut.

“Lendri harus tabah, berani. Nggak usah takut lagi dan ibumu nggak usah lagi khawatir. Kita akan membantu membina itu. Jadi, apakah buka warung, kalau bisa ada peternakan itik di belakangnya atau bebek,” pesan Prabowo.

Prabowo juga menekankan pentingnya kekuatan dan ketabahan bagi Lastri dan Lendri, serta memastikan mereka tidak mengalami trauma atas apa yang telah mereka alami.